oleh

Bupati Banyuasin Lantik Camat dan Lurah, Risminto Nusantara Menjabat Lurah Sukajadi Timur

Suarawarga.com, Banyuasin – Bupati Banyuasin H. Askolani mengambil sumpah 8 Lurah dan 1 Camat pada momen Pelantikan dan Peresmian Pejabat Kelurahan di Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Betung, Pelantikan dilaksanakan di Lapangan Pasar Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa, Rabu (31/8).

Pelantikan dan peresmian pejabat kelurahan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin.

Adapun ASN yang mendapat mandat jabatan sebagai pejabat Kelurahan di Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Betung : 

1. Salinan, S.Sos., MM menjabat Camat Talang KelapaKelapa

2. Syarwadi, S.Sos menjabat Lurah Air Batu Jaya Kecamatan Talang 

3. Mahyus Burhan, SKM menjabat Lurah Azhar Permai Kecamatan Talang 6kKelapa kk il

4. Efian, S.Pd., MM menjabat Lurah Keramat Jaya Kecamatan Talang KelapaLurah klik

5. Muryanto, S.Pd. I., M.SI menjabat Rawa Maju Kecamatan Talang Kelapa

6. Muhammad Ardi Natsir, S.Pd., M.SI menjabat Lurah Sei Sedapat Kecamatan Talang Kelapa 

7. Risminto Nusantara, SE menjabat Lurah Sukajadi Timur Kecamatan Talang Kelapa 

8. Saidan Jauhari, S.Th.I menjabat Lurah Tanah Mas Indah Kecamatan Talang Kelapa

9. Abdullah, S.Pd.I menjabat Lurah Betung Selatan Kecamatan Betung 

Pelaksanaan pemekaran kelurahan dilaksanakan atas inisiatif pemerintah dan masyarakat serta inisiasi dan dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, yang mulai diproses dalam waktu kurun 1 tahun sejak tanggal 15 April 2021. 

Maksud dan tujuan pemekeran adalah dalam rangka percepatan pelayanan umum kepada masyarakat, memperpendek rentak kendali pemerintahan, dan percepatan pembangunan secara efektifitas pembinaan kemasyarakatan ditingkat kelurahan. Pemekaran kelurahan di Kecamatan Talang Kelapa merupakan kebutuhan yang sudah sangat mendesak mengingat jumlah penduduk cukup besar saat ini berjumlah 152 ribu jiwa lebih besar jumlah penduduk dari kota Prabumulih.

Usai melantik dan mengambil sumpah pada pejabat kelurahan, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH langsung memberikan sambutan dan arahan. Beliau menyampaikan berdasarkan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Banyuasin Nomor 29 Tahun 2021 dan peraturan daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 1 Tahun 2022 tentang pembentukan kelurahan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Bahwa pembentukan kelurahan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin telah terbentuk 8 kelurahan baru hasil pemekaran dalam kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Betung, dengan diresmikannya kelurahan pada hari ini maka jumlah kelurahan dalam Kabupaten Banyuasin yang semula 17 Kelurahan menjadi 25 kelurahan.

“Melalui pemekaran dan penataan wilayah kelurahan bisa mendekatkan rentang kendali pelaksanaan pemerintah dengan mengendepankan prinsip efisiensi dan pelayanan prima, untuk itu diharapkan kepada semua lapisan masyarakat untuk membantu dan mendukung pemerintah kelurahan untuk memajukan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. 

Dilanjutkan Bupati dihimbau untuk para lurah serta masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan kelurahan masing-masing, untuk itu diharapkan kepada segenap lapisan masyarakat untuk membantu dan mendukung pemerintah kelurahan untuk melakukan pelayanan ke masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin saya mengucapkan selamat atas dilantiknya pejabat kelurahan yang baru agar dapat menjalankan tugas dengan baik, dan bisa menjalankan visi misi Bupati Banyuasin melalui 7 program dan 12 gerakan bersama masyarakat untuk mengwujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera,” pungkasnya.

Gubernur Sumsel yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sumsel Dr. Hj. Sri Sulastri, SH., M.SI dalam sambutannya mengatakan, baru satu-satunya kelurahan di Sumsel yang memekarkan dalam kurun waktu satu tahun dengan sangat cepat tentunya ini sangat luar biasa atas dukungan dari Bupati Banyuasin dan Ketua DPRD dalam membangun Kabupaten Banyuasin.

Pemerintah Provinsi Sumsel juga sangat mendukung pemekaran pada hari ini yang diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Beliau juga berharap dengan adanya kelurahan yang baru ini bisa mensejahterakan masyarakat dan menaikkan roda perekonomian masyarakat.

“Prestasi yang sangat luar biasa ini tentunya tidak lepas dari pemekaran tercepat dan terbanyak di Indonesia. Kata Bupati Banyuasin konsepnya kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja keras maka dari itu bisa dilakukan pemekaran dengan 8 sekaligus kelurahan di Kabupaten Banyuasin. Tentunya pemerintah Sumsel mengucapkan selamat dan bangga atas kerja keras dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banyuasin,” ucapnya.

Turut hadir Dandim Letkol Czi Agus Suwanto, ST., M.IP, Kajari diwakili Barada Ali, ST, Kapolsek Talang Kelapa, Zikon, Arhanud, Para Camat, Para Staf Khusus dan Staf Ahli Banyuasin, Para Kepala OPD Kabupaten Banyuasin.