oleh

Bupati Bireuen Buka Manasik Haji Kabupaten Bireuen

Bireuen-Aceh, Suarawarga.com. Bupati Bireuen Dr H Muzakkar a Gani,SH,M.Si membuka secara resmi pelaksanaan manasik haji Wilayah Kabupaten Bireuen tahun 1443 H / 2022 M di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Jumat, 3 Juni 2022.

Prosesi pelaksanaan acara tersebut diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen dihadiri sejumlah undangan, kepala KUA dan 117 Calon Jamaah Haji (CJH) dan juga Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI) Bireuen.

Kakankemenag Bireuen Dr H Muhammad Amin MA dalam laporannya menyebut, bahwa total CJH Kabupaten Bireuen Tahun 2022 ini sebanyak 117 CJH yang tergabung dalam kloter 2 dengan rincian laki-laki 42 orang dan perempuan berjumlah 75 orang.

Disebutkan, CJH Kabupaten Bireuen tergabung dalam kloter 2 BTJ bersama CJH dari Banda Aceh, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues. Semua CJH Bireuen berangkat dari Bireuen menuju asrama Haji Embarkasi Banda Aceh 14 Juni 2022 dan masuk asrama 15 Juni dan diterbangkan pada 16 Juni 2022.

Kakankemenag Bireuen Dr H Muhammad Amin MA menjelaskan bahwa jamaah tertua tahun in bernama Fatimah Bin Yusuf Luwi umur 64 tahun asal Gp Blang Geulanggang Kecamatan Peusangan dan Marzuki Muhammad Yusuf umur 64 Tahun, asal Desa Paya Reuhat Kecamatan Peusangan sediangkan yang termuda adalah Abdul Hadi Ilyas Muhammad 24 tahun asal Desa Uthen Gathom Kecamatan Peusangan.

Dalam Sambutannya, Bupati Bireuen menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah Haji merupakan tugas nasional yang menyangkut martabat serta nama baik bangsa.

“Kegiatan ibadah Haji ini merupakan tanggung jawab penuh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI. Namun, partisipasi masyarakat menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem dan manajemen penyelengaraan ibadah Haji,” ujarnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatan wawasan keislaman bago CJH tentang tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar. (SW 067)