oleh

Darmansyah Husein Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kepada Pelajar

-Berita, Politik-136 Dilihat

Laskarmedia.com, Babel- Puluhan peserta dari kalangan pelajar SMA dan SMK di Kota Pangkalpinang mengikuti Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Bangka Belitung, di Kelurahan Girimaya Pangkalpinang, Sabtu (26/3/2022) itu, juga dihadiri para guru pendamping, pejabat dan tokoh masyarakat.

Sebagai narasumber utama, menghadirkan Anggota MPR RI, Ir. H. Darmansyah Husein.

Dalam paparannya, Darmansyah mengajak generasi muda untuk selalu menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam 4 pilar tersebut, yaitu Pancasila, UUD 1945, Tap MPR RI, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui empat pilar ini maka akan menjadi perekat bagi persatuan dan kesatuan bangsa, sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Darmansyah Husein.

Ia menambahkan, adanya sosialisasi 4 pilar kebangsaan untuk mencerdaskan bangsa melalui pemahaman kandungan nilai-nilai ideologis, konstitusi, persatuan dan kesatuan, serta semangat dalam keberagaman. Sehingg nilai-nilai tersebut terus hidup di tengah masyarakat, terlebih generasi milenial saat ini.

Dirinya berharap melalui sosialisasi dapat menghasilkan para pelajar yang berbudi pekerti baik, berkualitas, memiliki daya saing, unggul dan berkemajuan. Sehingga masa depan bangsa dan negara yang lebih baik segera terwujud.

“Generasi muda diharapkan bertambah rasa cintanya terhadap bangsa dan negara,” pintanya.

Darmansyah juga mengingatkan perlunya kurikulum yang berisi tentang Empat Pilar Kebangsaan.

Oleh sebab itu, dirinya akan menyampaikan kondisi tersebut kepada Kementerian Pendidikan untuk melakukan pengkajian terhadap kurikulum sekarang.

“Kenapa sekarang malah yang seharusnya rumusan dasar negara 4 pilar itu semestinya lebih diinterilisasikan kepada anak-anak kita, justru itu malah dikurangi ? Permasalahan ini nanti akan kita evaluasi lah, dengan menteri yang bersangkutan,” ucapnya optimis.

Sementara itu, masih ditempat yang sama, salah seorang tokoh Bangka Belitung, Dharma Sutomo,SH mengungkapkan empat pilar kebangsaan merupakan landasan menjadi negara merdeka.

“Empat pilar ini, menjadi landasan negara kita untuk merdeka. Ideologi Pancasila, bentuk negara kesatuan, kemudian bisa juga kebhinekaan, itu kan jadi nilai-nilai,” ujarnya.

Dharma Sutomo yang juga salah satu Presidium Perjuangan Pembentukan Provinsi Bangka Belitung itu menjelaskan, apabila keempat pilar dikaitkan dengan perjuangan pembentukan Provinsi, maka terdapat berbagai kandungan nilai dalam sejarah perjuangan tersebut.

“Ingat, ada nilai-nilai historis, filosofis, sosiologis yang terkandung di dalamnya. Pejuangnya kan bisa hilang. Manusia hidup akan mati. Tapi, nilai-nilainya yg harus tetap diperjuangkan. Kalau kita analogikan ke provinsi ini, apa yg disampaikan tadi, konteksnya jadi relevan,” kata praktisi hukum yang biasa dengan sapaan Bang Momo.

Selain Darmansyah Husein dan Dharma Sutomo, pembicara lainnya juga disampaikan oleh Kepala Kantor DPD RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andarta Feriyadi.

Usai sosialisasi dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis. (LM-136).