oleh

Desak Camat Danang Yuda Dicopot, Pendemo Geruduk Kantor Bupati Deli Serdang

Suarawarga.com Deli Serdang– Puluhan orang menggeruduk Kantor Bupati Deli Serdang untuk mendesak Camat Lubuk Pakam, Danang Purnama Yuda dicopot dari jabatannya, Selasa (19/7/2022).

Pantauan di lapangan, aksi massa dengan membawa sejumlah alat peraga seperti pengeras suara (toa), poster dan spanduk berisikan tuntutan, dikawal personel kepolisian dan petugas Satpol PP.

Mereka menggelar orasi di depan kantor bupati, namun selang beberapa waktu tidak ada pejabat yang datang untuk mendengar aspirasi warga, sehingga massa memblokir jalan di depan pintu masuk kantor orang nomor satu di Kabupaten Deli Serdang itu.

Dalam orasinya, koordinator aksi, Yudi Ade Saputra Napitupulu mendesak Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan untuk mencopot Danang Purnama Yuda dari jabatannya sebagai Camat Lubuk Pakam.

“Kepada bupati, diminta untuk segera mencopot Danang Purnama Yuda dari jabatannya sebagai Camat Lubuk Pakam,” kata Yudi dalam orasinya.

Tidak hanya itu, massa juga meminta agar dugaan korupsi dana pengelolaan sampah di Kecamatan Lubuk Pakam, diusut tuntas.

“Perhatikan kebersihan di wilayah Kecamatan Lubuk Pakam, karena kecamatan ini adalah wajah dari Kabupaten Deli Serdang. Masih banyak beberapa titik di Lubuk Pakam yang kotor dan bau tak sedap,” tegasnya.

Massa juga meminta usut tuntas dugaan penunjukan pengelolaan parkir yang berbau KKN.

“Perbaiki sistem parkir, dam wujudkan transparansi dalam pengelolaan parkir di Kecamatan Lubuk Pakam ini,” kata Yudi.

Beberapa saat kemudian, Susanto selaku Kasi Lingkungan Hidup Penanggulangan Sampah, datang menemui pendemo. Namun dia tidak mampu memberikan solusi, sehingga massa bergerak ke Kantor DPRD Deli Serdang.

Di kantor Wakil Rakyat itu, massa kembali menyampaikan tuntutan yang sama, dan diterima oleh tiga orang Wakil Ketua DPRD yakni Nusantara Tarigan Silangit, Ahmad Thalaa dan OK Arwindo.

Nusantara Tarigan berjanji untuk segera menindaklanjuti tuntutan warga dengan memanggil Camat Danang Purnama Yuda.

Mendapat penjelasan dari wakil rakyat ini, massa demo pun kemudian mulai membubarkan diri dan akan kembali melakukan aksi lainnya dengan jumlah massa yang lebih besar bila tuntutannya tidak dipenuhi. (Red SW)