oleh

Gelar Sosialisasi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2022 Ini  Penjelasan Kapolrs Bitung

-Pendidikan-190 Dilihat

Bitung – Melalui Bag SDM, Polres Bitung menggelar sosialisasi penerimaan terpadu anggota POLRI Akademi Kepolisian (AKPOL) dan Bintara POLRI Gel. II T.A. (Tahun Anggaran) 2022 di beberapa sekolah di mana kegiatan kali ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Bitung dan SMA Kristen Tumou Tou Girian.

 

Kegiatan sosialisasi ini Sudah di laksanakan sejak tanggal 30-31 Maret 2022 lalu yang di pimpin oleh Kasubbag Dalpers Bag SDM Polres Bitung, IPTU Ronny Rinuga.

 

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP. Alam Kusuma S. Irawan Rabu (6/4/22) pagi tadi di Mapolres Bitung mengatakan Bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi melalui penambahan kekuatan personel POLRI, saat ini telah dibuka penerimaan terpadu anggota POLRI T.A. 2022 serentak di seluruh Indonesia termasuk Polres Bitung.

 

“Penerimaan terpadu anggota POLRI telah dibuka secara serentak di seluruh Indonesia, dimana pendaftaran dan verifikasi nya untuk AKPOL dimulai dari 30 Maret s/d 18 April 2022 sedangkan untuk Bintara POLRI Gel. II mulai tanggal 31 Maret s/d 11 April 2022,”ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Alam Kusuma S. Irawan menjelaskan secara singkat penerimaan Taruna/i AKPOL serta Bintara POLRI Gel. II.

 

“Dalam penerimaan ini untuk Taruna/i AKPOL jumlah peserta didik sebanyak 175 orang (150 Pria da 25 Wanita), buka pendidikan tanggal 6 Agustus 2022, lama pendidikan 4 tahun, tempat pendidikan AKPOL Lemdiklat POLRI Semarang Jawa Tengah,”jelasnya.

 

“Sedangkan untuk Bintara POLRI Gel. II jumlah peserta didik sebanyak 9.284 orang terdiri dari Bintara POLRI Tugas Umum dan Bakomsus Pria sebanyak 7.984 orang, Bintara POLRI Tugas Umum dan Bakomsus Wanita sebanyak 300 orang, Bintara Brimob pria sebanyak 1.000 orang, lama pendidikan 5 bulan dari buka pendidikan tanggal 25 Juli 2022 sampai tutup pendidikan tanggal 21 Desember 2022, adapun tempat pendidikan SPN Polda Sulut (untuk jajaran Polda Sulut) dan Pusdik Polair untuk Bintara tugas umum dan Bakomsus Pria, Pusdik Brimob untuk Bintara Brimob dan Sepolwan untuk Bintara Polwan,”Ungkapnya.

 

Kapolres Bitung juga menjelaskan untuk tata cara pendaftaran online dengan membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.polri.go.id dimana pendaftar dapat memilih jenis seleksi Terpadu penerimaan POLRI pada halaman utama website dan apabila peserta mengalami kesulitan dapat dibantu oleh panitia daerah. 

 

Kapolres juga menjelaskan, untuk tata cara verifikasi dilaksanakan secara offline setiap hari di Bag SDM Polres Bitung mulai dari pukul 09:00 s/d 17:00 WITA. Pendaftar harus datang sendiri tidak boleh diwakilkan dengan membawa dan menyerahkan hasil cetak form registrasi online serta berkas administras yang selanjutnya pendaftar melakukan perekaman wajah (face recognition) nantinya akan dibantu oleh operator.

 

“Selain pemasangan baliho dan pamflet, Sosialisasi penerimaan terpadu anggota POLRI T.A. 2022 ini kita libatkan juga peran tugas Bhabinkamtibmas yang nanti nya akan turun langsung ke Sekolah-Sekolah SMA/Sederajat serta warga masyarakat di wilayah tugas nya masing-masing,”Jelas lebih lanjut.

 

Ia Pun menambahkan, bahwa dalam penerimaan terpadu anggota POLRI T.A. 2022 ini, tetap memegang prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), untuk itu diharapkan para Pemuda dan Pemudi Kota Bitung agar tetap percaya diri, rajin belajar dan berolahraga serta tidak lupa ber DO’A andalkan penyertaan TUHAN dalam setiap langkah meraih cita-cita mu.

 

“Ayo…. !!! Nyong dan Noni Kota Bitung, wujudkan cita-cita mu, bergabung menjadi anggota POLRI. Persiapkan mental dan fisik mu, tetap percaya diri, rajin belajar dan berolahraga serta tidak lupa ber DO’A,”tambahnya. (Sw.011)