oleh

Masyarakat Desa Banua Sibohou Boto Muzoi Segel Kantor Desa, Nilai Pj Kades Yose Lase Arogan dan Otoriter

-Berita, Politik-361 Dilihat

Suarawarga.com, Nias — Puluhan perwakilan masyarakat Desa Banua Sibohou Botomuzoi, Kecamatan Botomuzoi, Kabupaten Nias yang terdiri dari BPD, Perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat melakukan aksi damai di depan Kantor Desa Banua Sibohou Botomuzoi, sebagai bentuk protes penolakan keras kepada Pj. Kepala Desa Banua Sibohou Botomuzoi yang dinilai sangat bersikap arogan, otoriter dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai Pj. Kepala Desa, Rabu (30/03/2021).

Dalam orasinya Meiman Ariaman Zai (tokoh masyarakat) mengatakan “meminta kepada Camat Botomuzoi untuk segera menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat yang telah mereka sampaikan sebelumnya dan bisa menanggapi aspirasi serta keluhan masyarakat Desa Banua Sibohou Botomuzoi yang menolak keras Pj. Kepala Desa Yose Lase sebagai pimpinan desa mereka, karena dinilai sangat arogan, otoriter, beberapa kebijakan Pj. berpihak pada pribadinya atau keluarganya (memborong 6 jabatan sekaligus pada saudara kandung sendiri), harusnya sebagai pimpinan desa merangkul bukan mengadu domba masyarakat, dan tidak ada transparansi kepada masyarakat,” ucap Meiman.

“Beberapa tuntutan dan seruan masyarakat Banua Sibohou Botomuzoi agar Camat Botomuzoi segera mengganti dan mencopot An. Yose Lase dari Pj. Kepala Desa Banua Botomuzoi demi kenyamanan seluruh masyarakat. Kami juga meminta dukungan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Nias dalam hal ini bapak Bupati Nias, DPRD Kabupaten Nias, serta pihak-pihak terkait untuk mendengar jeritan hati kami masyarakat Desa Banua Sibohou Botomuzoi karena kami menilai Camat Botomuzoi kurang profesional dalam menanggapi permasalahan ini,” katanya.

Dari pantauan wartawan dilapangan, puluhan masyarakat melakukan penyegelan kantor desa Banua Sibohou Botomuzoi, membakar Ban di depan Kantor Desa, melengketkan 2 buah poster di pintu masuk kantor desa yang tersegel bertuliskan ” Camat Botomuzoi tidak profesional menanggapi masalah yang terjadi di desa, COPOT CAMAT BOTOMUZOI,” dan “Kami masyarakat Desa Banua Sibohou Botomuzoi menolak Pj. Kades yang tidak Becus dan Arongan, Tolak Pj. Kades, Copot Pj. Kades.”

Setelah masyarakat menyerukan penolakan Pj. Kepala Desa Banua Sibohou Botomuzoi, An. Yose Lase dan menyegel kantor desa, selanjutnya puluhan perwakilan masyarakat melanjutkan penyampaian aspirasinya menuju Kantor Camat Botomuzoi, Kabupaten Nias.

Terpantau, Pj. Kepala Desa Banua Sibohou Botomuzoi An. Yose Lase tidak ada di lokasi saat perwakilan masyarakat menyampaikan aspirasinya.

Beberapa tuntutan dan aspirasi masyarakat Desa Banua Sibohou Botomuzoi, Kecamatan Botomuzoi, Kabupaten Nias, diantaranya :

  1. Menolak keras Yose Lase menjadi Pj. Kepala Desa Banua Sibohou Botomuzoi.
  2. Kepemimpinan Pj. Kepala Desa Banua Sibohou Botomuzoi kepada masyarakat bersikap arogan, otoriter dan tidak transparansi.
  3. Memutasikan jabatan Sekretaris Desa tidak didasari Peraturan Daerah Kabupaten Nias Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pemberhentian Perangkat Desa di wilayah Kabupaten Nias.
  4. Mengangkat dan memberikan pengurus/jabatan kepada adik kandung Pj. Kepala Desa, An. Yosia Lase 6 (enam) jabatan sekaligus, yaitu :
    • Ketua LPM
    • Penasehat Remaja Desa Banua Sibohou Botomuzoi.
    • Tim Delegasi Musrenbang Tahun Anggaran 2022.
    • Tim Perumus RKPDes Tahun Anggaran 2022
    • Tim Relawan Covid-19 Tahun Anggaran 2022
    • Ketua Tim Penjaringan Perangkat Desa.

Pada pelaksanaan penyampaian aspirasi di depan Kantor Desa Banua Sibohou Botomuzoi berjalan damai, tertib dan mematuhi prokes Kesehatan (LM-120)