oleh

Partai UKM Indonesia : Ganjar Pranowo Layak Jadi Presiden, PSI Mulai Dukung Ganjar – Erick

Suarawarga.com Jakarta – Partai UKM Indonesia menyambut baik, jika Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai melirik Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Dimana dalam polling intermal PSI Ganjar Pranowo unggul sementara 41,28 persen dan ditempel Erick Thohir yang meraih angka 34,23 persen.

“Partai UKM Indonesia sudah sejak 3 Desember 2021 resmi melaunching dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Jika PSI benar-benar mendukung Ganjar Pranowo kami menyambut baik,” kata Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum Partai UKM Indonesia kepada media, Minggu malam (13/03/2022) di Grand Paragon Hotel Jakarta.

Menurutnya, Ganjar Pranowo memang layak sebagai capres 2024 mengingat memiliki pengalaman yang mumpuni di pemerintahan. Selain itu, juga memiliki kapasitas dan kapabilitas membangun Indonesia kedepan.

“Ngak ada yang lebih pas selain Pak Ganjar Pranowo. Apalagi kepribadian beliau rendah hati, komitmen, tanggung jawab dan sosok solve the problem. Tak salah kalau PSI pilih Pak Ganjar,” tandas Gus Din sapaan akrabnya.

Untuk pasangan Cawapres Ganjar Pranowo, Partai UKM Indonesia mengusulkan beberapa nama. Diantaranya, Erick Tohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa Gubermur Jatim dan Dr. Imam Addaruqutni Sekjen Dewan Masjid. Selain itu ada nama, Yaqut Cholil Choumas (Kemenag), Bahlil Lahaladia (Menteri Investasi dan BKPM) dan Ridwan Kamil (Gubernur Jabar).

“Kayaknya paling sama Pak Ganjar, adalah Mas Erick Thohir sebagai cawapresnya. Cocok mereka berdua,” ucap Sarjana Ilmu Politik Lulusan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini.

Sebelumnya, sebanyak 9 nama tokoh nasional telah dimunculkan oleh Partai Solidaritas Indonesia atau PSI sebagai sosok yang diinginkan masyarakat untuk maju di Pemilu 2024. Polling tersebut dapat diakses di laman rembukrakyat.psi.id dan diberi nama sebagai rembuk rakyat online, sebagaimana dilansir viva.

Melihat perkembangan dari 9 nama tersebut, Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari mengatakan, wajar jika Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuncaki hasil polling sementara. Saat ini Ganjar memperoleh persentase 41,28 persen dan ditempel Erick Thohir yang meraih angka 34,23 persen.

“Di bawah Ganjar-Erick ada nama sejumlah tokoh nasional seperti Emil Dardak, Ridwan Kamil, dan Andika Perkasa,” kata Sholeh dalam keterangan diterima, Minggu, 13 Maret 2022.

Sholeh menanggapi, munculnya nama Ganjar dan Erick sebagai capres pemuncak polling bukan yang pertama. Menurutnya, sejumlah lembaga yang melakukan prediksi suara potensial capres 2024 juga menunjukkan kesamaan hasil, seperti pada survei di kalangan santri Nahdlatul Ulama (NU).

“Survei di kalangan santri Nahdlatul Ulama (NU) juga menampilkan nama Ganjar dan Erick sebagai capres terkuat,” ujar Sholeh.

Sholeh meyakini, kuatnya kedua nama itu dikarenakan mereka dekat dengan kalangan santri. Saat ini dua nama tersebut juga jadi dua nama yang cukup sering masuk tiga besar hasil survei sejumlah lembaga survei nasional. 

“Baik Erick maupun Ganjar, memang memiliki nilai elektabilitas dan popularitas yang tak jauh berbeda. Keduanya juga kerap masuk ke dalam¬†top three bursa survei,” ujar Sholeh. (Red SW)