oleh

Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Budaya Minang Kabau

-Berita, Daerah-369 Dilihat


Suarawarga.com, Agam —
Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Ninik mamak/ Pangulu dan Bundo kandung diadakan di Nagari Ampek Koto Palembayan Kecamatan Palembayan dengan peserta sebanyak 80 Pemangku Adat ( Ninik Mamak/ Panggulu ) di Nagari Ampek Koto Palembayan.
Dalam pembukaan acara dihadiri oleh AR Yutinof S.Pd Anggota DPRD Fraksi Golkar Dan Yopi Eka Putra dari Fraksi partai Persatuan Pembangunan dan Bapak Sabirun S.AP Camat Palembayan serta Wali Nagari Ampek Koto Palembayan Roni Akmal SE.

Dalam acara tersebut Narasumber Budayawan Adat Minangkabau Yus Datuak Parpatiah menjelaskan Tentang Peranan Ninik Mamak di Nagari dan menegaskan untuk kedepan hendaknya para Ninik mamak melibatkan Generasi Muda seperti siswa SMP dan SMA karena di tangan mereka tersebutlah terletak beban dan tanggung jawab untuk membudayakan Adat Alam Minangkabau kemudian hari. Narasumber tersebut juga berterima kasih kepada Pemerintahan Walinagari yang telah memfasilitasi acara ini.

Dilanjutkan sambutan oleh AR Yutinof S.pd menyampaikan bahwa kedatangan Budayawan Yus Datuk Parpatiah ke kampung kita ini merupakan Rahmat yang tidak ternilai karena Budayawan Yus Datuak Parpatiah ini adalah salah satu Budayawan berkelas Nasional.
Dan beruntung kita para Ninik Mamak Nagari Ampek Koto Palembayan dapat bertemu langsung dengan Beliau yang selama ini kita hanya mendengar suara beliau di caset ataupun di Youtube selanjutnya mengajak para Ninik Mamak untuk memafaatkan peluang ini untuk berdiskusi tentang adat.

Dan Bapak Camat Palembayan Sabirun S.AP dalam acara tersebut juga menyampaikan dalam sambutannya, sedapatnya kedepan Nagari – Nagari yang yang ada di Kecamatan Palembayan yang berjumlah 6 Nagari dengan 300 Niniak Mamak/Pangulu agar memasukan di Musna dan RKP dan Musrembang Nagari tiap tahun tentang Program Pemberdayaan Lembaga Adat dengan melibatkan kaum Milenial dan jemput bola Dana Pokir serta mamfaatkan untuk Pokir Anggota Dewan baik yang di Kabupaten maupun di Provinsi, untuk peningkatan Kapasitas Lembaga Adat serta jajarannya. Lebih lanjut beliau berharap kepada Ninik Mamak untuk menularkan pengetahuan Adat ini kepada anak kemenakan kaum masing-.masing.

Dipihak lain dijelaskan oleh Bapak Mawardi Angku Panjang mantan Ketua KAN bahwa acara ini sebaiknya dilengkapi kehadiran dengan Generasi Muda dan Bundo kandung, Dubalang Adat yang ada pada kaum Ninik Mamak yang 80 Nagari Amlek Koto Palembayan. (LM-158)