oleh

Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-77, Pangdam Hasanuddin Gowes Merdeka Bersama Ratusan Masyarakat Watampone

Suarawarga.com // Bone – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., bersama Forkopimda dan masyarakat Watampone gelar Gowes Merdeka mengelilingi Kota Watampone. Jumat (11/08/2022).

 

Gowes Merdeka yang dilakukan ini dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77. 

 

Sebelum Star, Pangdam dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini kita sudah Merdeka sehingga mengajak untuk mensyukuri dan menikmati kemerdekaan dari hasil perjuangan pendahulu kita. 

 

“Pada zaman perjuangan seorang putra dari Bone Sultan Ibrahim Andi Mappayukki dengan kegigihannya bersama rakyat Bone mempertahankan perjuangan dan melawan penjajahan khususnya di wilayah Bone, sehingga menjadi suatu kebanggaan bagi warga Bone karena mempunyai seorang putra daerah Sultan Ibrahim Mappayukki Pahlawan Nasional yang terukir dengan tinta emas sampai sekarang ini,” Ungkapnya. 

 

“Dari hasil perjuangan pendahulu kita saat ini sudah kita rasakan. Sekarang kita sudah merdeka maka dari itu mari kita nikmati dan syukuri kemerdekaan ini,” Ajaknya. 

 

Di tempat yang sama Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar Mandi Padjalangi, M.Si., mengaku bangga dengan kehadiran Cucu langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32, hadir bersama di Kabupaten Bone dalam melakukan kunker dan berkesempatan bersepeda santai bersama (Gowes Merdeka) dalam rangka memperingati salah satu agenda 77 tahun kemerdekaan RI.

 

“Ini merupakan satu kehormatan dan kebanggaan bagi kita semua, di dalam memperingati salah satu agenda 77 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia bersama Bapak Pangdam XIV/Hasanuddin hadir bersama kita di Kota Bone,” Tandasnya. 

 

Bupati Bone pun menyampaikan bahwa peserta Gowes Merdeka ini hampir semua dihadiri dari Kecamatan di Kabupaten Bone. 

 

Kegiatan Gowes Merdeka dimulai pada pukul 07.39 Wita, yang di starkan langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin bersama Bupati Bone dengan jarak tempuh ± 10 Km, melalui rute : Jl. Hasunuddin, Jl. Sudirman, Jl. Kaweran Jl. MH. Thamrin, Jl. Pramuka, Jl. Abu Dg Pasolong, Jl. Agussalim Jl. Sukawati l, Jl. Cokro Minito, Jl. Ahmad Yani, Jl. Makmur, Jl. Vetran dan finis kembali di Lapangan Merdeka Bone.

 

Turut hadir, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Amelia Andi Muhammad, Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M., Asintel Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo, S.E., M.H., Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., Kasrem 141/TP Kolonel Arh Elphis Rudy, S.E., M.M., M.Sc., M.M.S., Waaster Letkol Arh Muh. Suaib, S.Pd., M.Tr (Han)., Kasi Ops Kasrem 141/TP Letkol Kav Agung Cahyono, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Muh. Rizqi Hidayat Djohar dan unsur Forkopimda Kabupaten Bone.