oleh

Syafrudin Budiman Dan Herdianti Puspitasari Resmi Bergabung Ke PAN, Zulkifli Hasan Sematkan Jaket

Suarawarga.com Jakarta – Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum Partai UKM Indonesia dan Herdianti Puspitasari Sekjen Partai UKM Indonesia resmi menjadi anggota PAN. Dimana saat Rakernas PAN, di The Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) Zulkifli Hasan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menyematkan jaket kepada kader yang baru bergabung.

Selain itu ada yang menerima penyematan jaket yaitu, Irjen Pol (Purn) HS Maltha (Mantan Kadiv Interpol Mabes Polri), Irianto Lambrie (Gubernur Kaltara), Okta Kumala Dewi, SE M.Ak (Pengusaha/Bacaleg DPR RI Dapil Banten I) dan Bebizie (Kalangan Milenial). Selain itu Ini Richard van der Kruit, SH (Pengacara/Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II), Adelton Antoni, SH (Pengacara/Bacaleg DPR RI Dapil NTB I) dan beberapa nama lainnya.

“Alhamdulillah kami dari Partai UKM Indonesia secara resmi sudah bergabung ke PAN dan saat Rakernas PAN, Ketua Umum dan Sekjen Partai UKM Indonesia menjadi anggota. Dimana kita juga menerima jaket PAN yang disematkan langsung oleh Bapak Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN,” ujar Gus Din sapaan akrab Syafrudin Budiman, Minggu (28/08/2022).

Menurut Pengusaha Bidang Media ini, PAN adalah partai yang terbuka, inklusif, moderat dan tengah. Sehingga kata Gus Din, PAN sangat akomodatif terhadap semua tokoh-tokoh politik di luar PAN untuk bergabung.

“Kita Partai UKM Indonesia terus menyetor nama-nama Bakal Calon Legeslatif (red-Bacaleg) untuk maju di DPR RI. Sementara sudah kita baru kirim 30 orang dari target 150 orang untuk diseleksi oleh KPPN DPP PAN,” tandas Ketua Umum Relawan Jokowi Barisan Pembaharuan (BP) ini.

Kata Gus Din, dirinya terus berkomunikasi dan berkoordinasi lewat Yandri Susanto Ketua KPPN/Waketum DPP, Viva Yoga Mauladi Waketum DPP PAN dan Slamet Nur Achmad Efendi Sekretaris KPPN/Wasekjen DPP PAN. Agar kader-kader Partai UKM Indonesia se Nusantara bisa mencalonkan diri dan berjuang di PAN.

“Kemarin saat Rakernas, kami Bacaleg-Bacaleg yang sudah mendaftar ke PAN di undang hadir. Diantaranya, Syafrudin Budiman SIP (Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta I, Herdianti Puspitasari, S.Si (Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II), Abd. Azis Salim Syabibi, ST (Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II), Natalia Siregar (Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta I, Gus Rochim (Bacaleg DPR RI Dapil Jateng III), Mustofa (Bacaleg DPRD Jawa Tengah) dan Muhammad Alwan Pramadisca (Bacaleg DPR RI Jateng I),” jelas Gus Din.

Zulkifli Hasan: PAN Partai Terbuka dan Inklusif

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, partainya bersifat inklusif dan terbuka. Oleh karenanya, PAN tidak membedakan latar belakang siapa pun anggotanya.

“Bahwa PAN itu sesuai dengan filosofi logonya, matahari, PAN adalah partai yang inklusif terbuka. Oleh karena itu PAN punya hak dan kewajiban tanggung jawab yang sama,” ujar Zulkifli dalam sambutannya usai membuka rakernas PAN, di The Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) dilansir dari detik.com.

“Kita tidak membedakan latar belakang, seperti filosofi matahari, matahari memberikan sinar yang sama kepada siapa pun, tergantung kepada kinerja,” tegasnya.

Yang penting, lanjut Zulhas, tujuan PAN adalah memperkuat persatuan bangsa. Sehingga partainya dapat fokus membangun anak muda, UMKM, dan sebagainya.

“Sehingga kita bisa jadi negara berdaulat, adil untuk rakyat Indonesia, itulah cita-cita partai kita, backrgound di PAN ini boleh jadi apa saja, punya hak yang sama,” tutur Zulhas.

“Anggota DPR berjuang di parpol untuk mewujudkan dua di parpol, satu eksekutif, satu legislatif. Legislatif itu kabupaten, kota RI,” lanjutnya.

Anggota legislatif menjalankan fungsi legislasi, antara lain menyusun peraturan dan mengawasi jalannya peraturan serta anggaran.

Oleh karenanya, Zulkifli berpesan agar para anggota legislatif dari PAN benar-benar harus paham tugasnya sebagai anggota DPR dan DPRD.

“Anggota DPR dari PAN tidak hanya datang, duduk, pulang. Beda, kita harus sungguh-sungguh beruguna, bermanfaat untuk orang-orang yang kita wakili, ada jejak kita sebagai anggota DPR, ada capaian kita,” jelasnya.

“Saudara sebagai anggota DPRD kabupaten, paling kurang kalian akan mewakili satu kecamatan, anggota DPRD kabupaten paling kurang satu kecamatan itu harus ada perubahan,” lanjut Zulkifli.

Dia mencontohkan, mengaktifkan kegiatan kepemudaan hingga kegiatan PKK ibu-ibu.

“Contoh, lingkungan harus lebih baik dari pada lingkungan kecamatan sebelah yg tidak ada anggotanya (kader PAN). Tunjukkan kader pan legislatif berguna dan lebih baik dari yang lain,” tambahnya.

Inilah 9 Capres Pilihan PAN 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah mengumumkan dirinya sendiri sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Namun demikian, Zulhas tidak sendiri. Dalam rapat kerja nasional (Rakernas) di Istora Senayan tadi malam, politikus asal Lampung itu juga mengumumkan 8 kandidat lainnya. Total ada sembilan nama calon yang berasal dari ketua umum, menteri dan kepala daerah.

“Dengan ini saya akan mengumumkan calon pemimpin nasional sebagai berikut,” kata Zulhas dalam di Rakernas PAN dilansir dari Tempo, Minggu (28/8/2022).

Zulhas menuturkan nama-nama tersebut merupakan usulan dari daerah yang disetorkan pada saat Rakernas.

Dia menyebut nama-nama itu baru sebatas usulan dari PAN yang nantinya akan dibahas kembali dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

Berikut 9 nama capres versi Rakernas PAN:
1. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
2. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
3. Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa
4. Ketua DPP PDIP Puan Maharani
5. Menteri BUMN Erick Thohir
6. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
7. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
8. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
9. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Red SW)