oleh

Tidak Terima Tanahnya Dihibahkan Sepihak Untuk Pembangunan Jalan Desa, Ramisokhi Zebua Tewas Dibacok

-Berita, Kriminal-142 Dilihat


Suarawarga.com, Nias Utara–
Perkelahian antar warga terjadi saat berlangsung kegiatan gotong royong pembukaan badan jalan baru di Desa Sibohou 3 Kecamatan Alasa Talu Muzoi Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Senin 20/10/2021.

Atas kejadian itu, warga setempat bernama Ramisokhi Zebua (61) meninggal dunia akibat luka bacok di bagian leher. Sementara satu orang lainnya, Yason Zebua (32) mengalami luka di pergelangan tangan.

Agustus Zebua menerangkan,Tim desa bersama masyarakat, termasuk korban, saat itu tengah melakukan gotong royong pematokan pembukaan badan jalan, tepatnya di RT 4 Dusun 1 menuju Tangkahan Sungai No’u’o, Desa Banua Sibohou. MZ yang mengaku pemilik lahan datang dan ribut dengan keluarga Kepala Desa yang ikut serta dalam kegiatan gotong royong tersebut..

Dalam peristiwa tersebut diduga motif perkelahian yaitu perebutan lahan dimana saat dilakukan pematokan untuk pembukaan jalan oleh Pemerintah Desa terjadi kesalah pahaman antara keluarga Kades yang menghibahkan lahan dengan ahli waris yang mengaku sebagai pemilik lahan tersebut,  ahli waris yang mengaku pemilik lahan sudah beberapa kali mengingatkan Kepala Desa setempat, namun Kepala Desa memaksa pembukaan jalan dilahan tersebut, sehingga MZ gelap mata dan terjadi perkelahian yang berujung maut karena korban saat itu yang  berhadapan langsung dan ribut dengan pelaku MZ.

Kepala Desa Banua Sibohou 3 Agustus Zebua menyatakan, MZ warga Desa Tuhegafoa II Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias sebagai Terduga pelakunya.

Kapolsek Alasa Sahabat Zebua membenarkan kejadian itu. Pihaknya langsung membawa jenazah korban ke Puskesmas Alasa Talumuzoi untuk dilakukan evakuasi Dan Autopsi

“selanjutnya, Polsek Alasa bersama Polres Nias melakukan penyelidikan serta mengejar pelaku,” katanya. (LM-0120)