oleh

Warga Ulunoyo Kecewa Mendapat Bangunan Gedung SMA N 2 Ulunoyo Yang Asal Jadi

Suarawarga.com, Nias Selatan — Pembangungan Gedung SMA 2 Ulunoyo yang berlokasi di Desa Marao Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara sangat mengecewakan karena diduga asal jadi.

Pembangunan tersebut sejak awal dimulai sampai selesai masyarakat kurang mendapat informasi  seperti Papan Proyek, Nilainya beapa, Sumber Dana Pembuayaan darimana dan Nama Kontraktornya apa sehingga informasi mengenai kegiatan pembangunan tersebut sangat minim diketahui oleh warga sekitar, demikian disampaikan oleh salah seorang Tokoh masyarakat yang juga salah seorang anggota Komite Sekolah SMA Negeri 2 Ulunoyo yang tidak mau disebut namanya.

Saat wartawan  melakukan pemantauan langsung dilokasi apa yang dikeluhkan oleh warga sekitar ada benarnya seperti konstruksi bangunan yang diduga tidak memenuhi standar mutu dan justru dapat membahayakan keselamatan para siswa kelak sebagao pengguna bangunan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya awak media tidak berhasil bertemu dengan pelaksanaan proyek. Juga kepada Kepala Sekolah SMA 2 Ulunoyo tidak berada di lokasi Sekolah SMA Negeri 2 Ulunoyo. Kata salah seorang Guru yang berada di Lokasi SMA NEGERI 2 ULUNOYO, Kepala Sekolah tidak ada tanggung jawab tentang pembangunan Gedung tersebut.

Salah seorang anggota komite sekolah menyampaikan harapannya kepada Dinas Pendidikan Sumatera Utara cabang Nias Selatan sebagai Pengguna Gedung tersebut mendesak pihak pengembang atau kontraktor agar mutu konstruksi gedung disesuaikan dengan standar Konstriksi Nasional jangan asal jadi mengejar keuntungan. 

“Konsultan dan Pengawas Kegiatan Pembangunan Gedung harus turun tangan langsung melihat fakta lapangan, jangan makan gaji buta dari keuntungan proyek, diharapkan juga Aparat Penegak Hukum turun tangan mengingat proyek pembangunan yang asal jadi tersebut telah merugikan keuangan Negara”. Turutnya kepada Wartawan. (LM-212)